Tips Untuk Tweaks Windows 7 (For Gaming)

Tweaks Windows 7
Berikut ini Saya coba untuk memberikan tips untuk melakukan tweaks pada windows 7 temen-temen supaya cukup enteng dalam bermain game. Tips ini sudah Saya lakukan sendiri dan terbukti berhasil. Saya akan memberitahukan triknya berikut dengan gambar screenshootnya langsung dari laptop Saya.

Trik ini gak akan bikin tampilan windows temen-temen jadi jelek, temen-temen masih bisa menggunakan fitur aero glass. Windows temen-temen bakalan tetep keren kok. Trik ini juga gak bakalan bikin windows temen-temen jadi crash. Untuk mengembalikan ke setting defaultnya juga gampang. 

Temen-temen hanya perlu melakukan trik ini sebagai administrator jadi kalo misalkan trik ini gak berhasil maka temen-temen tinggal pilih Run as Administrator aja. Gak bakal ada resiko dengan tweak ini dijamin, jadi no complain yah.

Tweak ini hanya berlaku pada beberapa versi windows 7 saja, jadi kalo gak ada perubahan apapun ya berarti tinggal donlot GPEDIT.MSC di webnya mikrosoft atau memang windows 7 temen-temen sudah dalam performa yang relatif baik.

Oke Saya mulai triknya  (SILAHKAN KLIK GAMBAR UNTUK LEBIH JELASNYA):

PERTAMA, Matiin dulu UAC nya. Caranya buka Control Panel  >>  System and Security  >> User Account Control Setting. Gambarnya seperti berikut :

Tweaks Windows 7


KEDUA, tekan Tombol Windows + R dan ketik system.ini  >>  ENTER
Cari tulisan [386ENH] dan ganti menjadi [10000Enh] dan di bawahnya temen-temen ketikkan :

LoadLocalHigh=1
ConservativeSwapfileUsage=1

Maka kurang lebih jadinya akan seperti ini :

Tweaks Windows 7


Klik save dan exit. Kalau tidak bisa di save temen-temen harus cari file system.ini di direktori C:\windows lalu klik kanan dan pilih Properties  >> Tab Security  >>  Edit  >>  Group of Username  >>  Pilih Administrator (centang allow semua)  >>  OK  (lanjut edit lagi seperti di atas)

Kalau sampai sini ada pertanyaan, Tujuannya langkah kedua ini apaan mas bro??
Ya, Saya jawab, tujuannya untuk memaksimalkan penggunaan swap file memori untuk program-program foreground. Masih gak ngerti sama kalimat yang Saya pake? cari di google banyak :D

Lanjut????  Lanjuuuuttttt................

KETIGA, Buat windows explorer temen-temen menjadi seringan mungkin dengan mematikan animasi dan caching thumbnail. Caranya :

- Tekan Tombol Windows + R dan ketikkan gpedit.msc
- Pada tampilan jendela Group Policy Editor silahkan pastikan dengan pengaturan seperti berikut :
  • User Configuration >>  Administrative Templates  >>  Windows Components  >>  Desktop Window Manager  >>  Do not Allow Windows Animation  >>  Enabled
  • User Configuration  >>  Administrative Templates  >>  Windows Components  >>;  Desktop Window Manager  >>  Do not Allow Flip 3D Invocation  >>  Enabled
  • User Configuration  >>  Administrative Templates  >>  Windows Components  >>  Windows Explorer  >>;  Turn off Caching of Thumbnails in Hidden Thumbs.db Files  >>  Enabled
  • User Configuration  >>  Administrative Templates  >>  Windows Components  >>  Windows Explorer  >>  Turn off Caching of Thumbnails Pictures  >>  Enabled
  • User Configuration  >>  Administrative Templates  >>  Windows Components  >>  Windows Explorer  >>  Turn off Common Control and Windows Animation  >>  Enabled
- Close Group Policy Editornya

KEEMPAT, Tambah swap memory di windows 7 temen-temen. Caranya :

Tweaks Windows 7

Buka Control Panel  >>  System and Security  >>  System  >>  Advanced System Settings  >> Advanced  >>  Settings  >>  Advanced  >>  Change  >>  Pilih C:  >>  Set  >>  OK   (Jangan di restart dulu)

KELIMA, silahkan Restart  komputernya dan rasakan perbedaanya  :D


Ini tampilan laptop Saya :

Tweaks Windows 7


Semoga trik ini bermanfaat untuk temen-temen. Misalnya ada yang punya cara lain silahkan aja linknya di share di kolom komentar ini InsyaAllah Saya akan blogwalking kesana.
Komentar temen-temen sangat Saya harapkan jadi silahkan berkomentar atau bertanya kalo ada yang kurang jelas.

Terima Kasih,

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Disqus Comments