Simpan Script di Google Drive Aja

Halo apa kabar temen-temen?
Semoga sebaik kabar Saya hari ini. (yuk sama-sama bilang?  .....Amiiiiiiiiin)

Simpan Script di Google Drive Aja
Dah sori oot dikit. Kejadian ini bermula saat ane buka web portal ane di bukan-koran.blogspot.com yang tiba-tiba tampilannya mendadak ancur, semua widget yang Saya pakein javascript pada ancur semua tampilannya. Nah dari situ Saya bingung deh, setelah Saya cek di googlecode ternyata Saya uda gak bisa lagi upload script disana (soalnya uda gak ada lagi menu download). Mungkin temen-temen blogger lainnya uda pada ngeshare masalah ini di google sejak januari silam, tapi karena Saya aja yang kuper dan gaptek, jadi Saya gak tau :D

Yauda langsung aja ya Saya kasi tutorialnya, karena Saya yakin kalian uda bosen baca tulisan Saya dan pengen cepet-cepet langsung cari tau caranya (ih...curang).

Lanjuuuuutttt!!!!!

Pertama, buka Google Drive dengan URL https://drive.google.com , atau jika temen-temen uda punya akun google setelah login langsung aja ke URL https://drive.google.com/#my-drive
maka kalian akan langsung diarahkan pada halaman seperti gambar di bawah ini :



Kedua, kalo temen-temen mau bikin folder ya tinggal klik tombol BUAT (sebelah kiri tombol upload) dan kemudian pilih FOLDER . Kalo gak mau bikin folder ya gak apa-apa langsung aja klik tombol UPLOAD dan pilih file seperti temen-temen upload biasanya.

Ketiga, Setelah temen-temen sukses upload filenya selanjutnya temen-temen klik kanan pada file yang telah temen-temen upload tadi dan pilih BAGIKAN / SHARE.
Maka akan tampak tampilan pop up seperti di bawah ini :

Perhatikan pada yang saya tandai dengan kotak warna merah !

Keempat, Silahkan pilih Ubah dan ubahlah privasinya menjadi PUBLIC

Kelima, Copas tautan yang telah disediakan disana ke notepad dulu untuk diubah. Karena URL yang kalian dapatkan adalah seperti ini contohnya:

https://drive.google.com/file/d/MistERTaURuZBlaBlaBla05999999999/edit?usp=sharing

Keenam, Silahkan ganti tulisan file/d menjadi host dan kemudian hapus tulisan /edit?usp=sharing
Maka akan terlihat kodenya berubah menjadi :

https://drive.google.com/host/MistERTaURuZBlaBlaBla05999999999

Selanjutnya URL itu yang akan kita gunakan nantinya.

Nah sekian dulu dari Saya tentang cara menyimpan dan menggunakan script dengan Google Drive. Semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan mengenai tutorial ini, jangan sungkan-sungkan untuk menanyakan kepada Saya melalui kotakkomentar di bawah artikel ini.

Terima Kasih

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Disqus Comments